Notification texts go here Contact Us Buy Now!
Postingan

Hidup Itu Titipan dari Allah: Refleksi Santai Ala Islam

Risalah
Hidup Sebagai Titipan Allah

Hidup Itu Titipan dari Allah

Dalam Islam, hidup di dunia itu cuma sementara, semua yang kita punya sebenarnya hanya titipan dari Allah. Jadi, kita gak perlu terlalu nempel sama hal-hal duniawi, karena semuanya bakal balik lagi ke Sang Pencipta. Allah udah ngingetin kita soal ini dalam Al-Qur'an:

“Kehidupan dunia ini kayak air hujan yang bikin tanaman tumbuh subur, tapi nanti tanaman itu kering dan diterbangin angin.” (QS. Al-Kahf: 45)

Artinya? Apa pun yang ada di dunia ini gak bakal selamanya. Jadi, jangan terikat sama dunia, fokus ke amal baik buat akhirat.

1. Harta dan Kekayaan

Harta yang kita punya cuma pinjaman. Allah pinjamin biar kita bisa pakai buat hal-hal baik. Misalnya, bersedekah ke orang yang butuh. Nabi Muhammad pernah bilang:

“Harta gak bakal berkurang karena sedekah.” (HR. Tirmidzi)

Berbagi gak bakal bikin miskin kok, malah bikin harta kita berkah dan makin banyak kebaikan yang datang.

2. Keluarga dan Anak

Keluarga dan anak itu amanah. Tugas kita jaga dan bimbing mereka sesuai tuntunan agama, gak cuma soal ngasih makan atau materi, tapi juga ngajarin nilai-nilai agama buat bekal di akhirat nanti.

3. Kesehatan dan Waktu

Kesehatan dan waktu sering dianggap biasa, padahal itu nikmat besar. Kita harus bijak menggunakannya untuk ibadah dan kebaikan.

4. Ujian dan Kesabaran

Hidup penuh ujian, tapi Allah janji gak ngasih cobaan melebihi kemampuan kita. Kuncinya adalah sabar dan tawakal.

5. Kematian, Pasti Datang

Pada akhirnya, kita semua bakal mati dan kembali kepada Allah. Jadi, persiapkan diri kita dengan amal baik untuk kehidupan akhirat.


Getting Info...

Posting Komentar

Pemuda
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.